PENGARUH TERAPI BERMAIN (MEWARNAI) TERHADAP TINGKAT STRES PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG MENJALANI PHYSICAL DISTANCING DI RW 03 KELURAHAN KEDUNGDORO KECAMATAN TEGALSARI SURABAYA

Galuh Permatasari, Dwi Ernawati, Sapto Dwi Anggoro

Abstract


Abstract : Physical distancing is an action that used to stop the spread of covid-19 desease. Nowadays, the Physical distancing which is done have the impact of the children psychology problems such as stress. The purpose of this research is to examine the influence of coloring play therapy toward children's stress levels in a school age who is through the physical distancing at RW 03, kedungdoro village, Tegal sari districts, Surabaya city. The type of research was using quasy-eksperimental method with pre test-post control group design approach. The number of samples on this research were 52 children of school age and divided into 26 respondents into the  intervention group and 26 respondents into the control group, by using simple random sampling techniques and questionnaire as a measuring instrument. The data analysis was using Mann Whitney and Wilcoxon Signed Rank Test. The result of this research showed that p value 0,001 (p < 0,05) had an influenced of coloring play theraphy toward children's stress level in a school age who was through physical distancing at RW 03, kedungdoro village, Tegal sari districts, Surabaya city. The implications of this research was to reduced stress in a school age who was through physical distancing by doing the coloring play therapy everyday during 20-30 minutes in a free time.


Full Text:

PDF (85-91)

References


Adriana (2013) tumbuh kembang dan terapi bermain anak. Jakarta: Salemba Medika

Aizah, S. and Wati, S. E. (2014) ‘Upaya Menurunkan Tingkat Stres Hospitalisasi Dengan Aktifitas Mewarnai Gambar pada Anak Usia 4-6 Tahun di Ruang Anggrek RSUD Gambiran Kediri’, Ejornal Kedokteran Universitas Airlangga, 25(1), pp. 6–10.

Alligood, M. . (2017) Pakar Teori Keperawatan dan Karya Ilmiah Edisi Indonesia. 8th edn. jakarta: elsesiver.

Blackwell, W. (2019) ‘Coronavirus Disease 2019’, tropical medicine & international helath, (covid-19).

Catootjie (2009) ‘Stres pada anak: gejala, penyebab, dampak dan penanggulannya’.

Diyah Arini, Dwi Ernawati, Dini Mei Widayanti, Dwi Oktaviana Widyaningrum. 2019. “Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Reaksi Sibling Rivalry Pada Anak Prasekolah Usia 3-5 Tahun Di Desa Sumput Sidoarjo.” Jurnal Ners LENTERA 7(1): 1–13

Fariz (2009) ‘Manfaat belajar Menggambar dan Mewarnai Bagi Anak’, in. jakarta, p. 14.

Hidayah (2011) ‘Terapi Bermain: Mewarnai Gambar’, 1, p. 2. Available at: .http//.www.umul_hidayah.

Hidayat (2012) ‘Pengantar ilmu keperawatan anak (buku I)’. Jakarta: Salemba Medika

HJambon, M. (2018) ‘Hubungan dengan Saudara Kandung Tentukan Kepribadian Anak’, Toronto University, February. Available at: https://www.suara.com/health/2018/02/21/140858/studi-hubungan-dengan-saudara-kandung-tentukan-kepribadian-anak.

Jannah, N. I. (2016) ‘Gambaran Tingkat Stres Pada Anak Usia Sekolah dengan Hospitalisasi di RSUD Labuang Baji’.

Kartono (2010) ‘Patologi Sosial Gangguan Jiwa’. Jakarta: Grafindo Perkasa

Kupriyanov, R., Zhdanov, R. (2014) ‘The eustress concept: Problems and outlooks. World Journal of Medical Sciences’, pp. 179–185.

(Accessed: 27 March 2020).

Nadhifati, L. (2018) ‘terapi bermain untuk menurunkan stres hospitalisasi pada pasien anak usia prasekolah’, (1), pp. 430–439.

Notoadmojo, S. (2012) Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam (2013) ‘Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis, Edisi 3’.

Potter, P. A. dan Perry, A. G. (2015) Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. 4th edn. jakarta.

Pranadji, D. K. and Nurlaela, N. (2009) ‘“Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Stres pada Anak Usia Sekolah Dasar yang Sibuk dan Tidak Sibuk”’, Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 2(1), pp. 57–63. doi: 10.24156/jikk.2009.2.1.57.

Purwati, D. (2017) ‘pengaruh pemberian terapi bermain mewarnai terhadap tingkat kecemasan pada anak usia sekolah yang hospitalisasi di RSUD Kota Madiun’, pp. 1–14.

Rahayu, faridah sri (2018) Penerapan Terapi Bermain Puzzle Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah Di Bangsal Dahlia RSUD Wonosari.

Saputro, H. and Fazrin, I. (2017) Buku Ajar Terapi Bermain di Rumah Sakit. dalam Jurnal Konseling Indonesia Vol. 3 No. 1 (2017). http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Septiani, R. (2018) ‘Hubungan Penerapan Atraumatic Care Dengan Tingkat Stres Saat Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah’.

Sugiyono (2014) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D’. Bandung: Alfabeta’

Suharto, M. P., Mulyana, N. and Nurwati, N. (2018) ‘Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Tki Di Kabupaten Indramayu’, Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), p. 135. doi: 10.24198/focus.v1i2.18278.

Supartini (2004) ‘Buku Ajar Konsep Dasar keperawatan Anak’. Jakarta:ECG

Suriadi and Rita (2010) ‘asuhan keperawatan pada anak’. Jakarta: Agung Setia.

Yusuf, S. (2004) ‘Psikologi Perkembangan Anak & Remaja’. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.36053/mesencephalon.v7i2.255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.