STRES DAN KECEMASAN PADA DOSEN YANG MELAKSANAKAN KULIAH DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Full Text:
PDF (119-125)References
Anisa, Lailatull, U., Indrawati, Fauziah, & Yuni, L. E. (2020). Hand Sanitizer Berbahan Daun Binahong Sebagai Antimikroba Untuk Satu Langkah Pencegahan Penularan Covid-1. PROCEEDING KKN BMC UNNES, 1–7.
Annisa, D. F., & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93–99.
Asyura, M. M. A. Z., Ar-Rizq, M. F., & Siagian, R. M. (2021). Psychosocial Impact Analysis: Depression and Anxiety During the COVID-19 Pandemic Amongst Students. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia, 8(3), 174–188.
Bramasta, D. B. (2020). Update Virus Corona di Dunia 10 Juni: 7,3 Juta Orang Terinfeksi, Klarifikasi Pakar WHO. Kompas.
Budiwati, H. (2016). Identifikasi Sumber Stres Tenaga Pengajar Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Dosen Di Stie Widya Gama Lumajang. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, 6(1), 27–35.
Donsu, J. D. T. (2019). Psikologi keperawatan. Pustaka Baru Press.
Gaol, N. T. L. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi, 24(1), 1–11.
Guan, J., Wu, C., Wei, D., Xu, Q., Wang, J., Lin, H., Wang, C., Mao, & Zhenxing. (2021). Prevalence and Factors for Anxiety during the COVID-19 Pandemic among College Students in China. Int. J. Environ. Res. Public Health 2021, 18(4974).
Kemendikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Morales, F. M. (2021). Fear, Stress, Resilience and Coping Strategies during COVID-19 in Spanish University Student. Sustainability, 13(5824), 1–19.
Mukholil. (2018). Kecemasan Dalam Proses Belajar. Jurnal Eksponen, 8(1), 1–8.
Mundung, G. J., Kairupan, B. H. R., & Kundre, R. (2019). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Stres Kerja Perawat Di Rsu Gmim Bethesda Tomohon. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 7(1), 1–6.
Namirotu, F., Rafiyah, I., & Solehati, T. (2018). Parent’s Anxiety Towards Juvenile Deliquency Phenomenon In Bandung Indonesia. NurseLine Journal, 3(2), 52–59.
Nursalam. (2015). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.
Özdemir, Ö. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Diagnosis and Management. Erciyes Med J, 42(3), 242–247.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.
Setiawan, E. (2020). Strategi Pengembangan Produk Jmabu Kristal di Era New Normal. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1(4), 323–327.
Susilo, A., Rumende, Martin, C., Pitoyo, Wicaksono, C., Santoso, Djoko, W., Mira, Y., Sinto, H., Robert, Singh, Gurmeet, Nainggolan, Leonard, Nelwan, E. J., Chen, Khie, L., Widhani, A., Wijaya, E., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67.
Sutejo. (2018). Keperawatan Jiwa, Konsep dan Praktik Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa: Gangguan Jiwa dan Psikososial. Pustaka Baru Press.
Warouw, H. J., Tambuwun, S., & Pandeirot, G. M. (2018). Dampak Edukasi Terhadap Kecemasan Pasien Pra Operasi Katarak Di Rumah Sakit Mata Provinsi Sulawesi Utara. JUIPERDO, 6(1), 23–31.
YangID, C., Chen, A., & Chen, Y. (2021). College students’ stress and health in the COVID-19 pandemic: The role of academic workload, separation from school, and fears of contagion. PLoS ONE, 16(2), 1–16.
Yao, T.-T., Qian, J.-D., Zhu, W.-Y., Wang, Y., & Wang, G.-Q. (2020). A systematic review of lopinavir therapy for SARS coronavirus and MERS coronavirus-A possible reference for coronavirus disease-19 treatment option. J Med Virol, 92(6), 556–563.
DOI: http://dx.doi.org/10.36053/mesencephalon.v7i2.299
Refbacks
- There are currently no refbacks.